June 22, 2024

INVENTIF – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meninjau jembatan layang penyeberangan orang (skywalk) Lebak Bulus dan Plaza Simpang Temu Lebak Bulus. Skywalk ini berperan mendukung integrasi antarmoda transportasi, khususnya di kawasan berorientasi transit (TOD).

Peninjauan dilakukan langsung oleh
Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan pada hari ini Selasa, 11 Oktober 2022, dengan didampingi Mohammad Aprindy selaku Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), Hans Hutoyo selaku Direktur Utama PT Inti Menara Jaya, serta dari PT Intiland Development Tbk yang diwakilkan oleh Permadi Indra Yoga dan Archied Noto Pradono.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan bahwa terwujudnya sarana integrasi antar moda ini merupakan bentuk kolaborasi dan kontribusi dari berbagai sektor untuk memberikan manfaat bagi masyarakat Jakarta. Proses penuntasan Skywalk yang dibangun antara Stasiun MRT Lebak Bulus dengan Poin Square. Ini adalah sebuah contoh bagaimana konektivitas dituntaskan untuk memudahkan warga Jakarta bermobilitas.

“Secara khusus kami sampaikan terima kasih kepada Intiland Group yang telah menjadi partner dalam proses pembangunan ini, sehingga dapat memberikan manfaat untuk masyarakat banyak.” ungkap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Skywalk ini juga didukung dengan Kawasan Simpang Temu, penataannya dirancang untuk menjadi ruang yang mensetarakan, ruang yang mempersatukan, dan ruang yang mengedepankan perasaan kebersamaan.

Melalui pembangunan ini, transportasi umum lebih dari sekedar soal perpindahan badan dari satu tempat ke tempat lain, tapi soal bagaimana kita membangun perasaan kesetaraan serta kebersamaan.” pungkasnya.

Sebagai bagian dari upaya mewujudkan integrasi antarmoda dan pengembangan kawasan berorientasi transit di Jakarta, PT MRT Jakarta (Perseroda) menjalankan mandat dari Presiden RI terkait pengelolaan integrasi transportasi melalui pembangunan Skywalk dan Simpang Temu (transit plaza) Lebak Bulus yang terletak sekitar 300 meter arah timur Stasiun Lebak Bulus.

Area seluas ±2.000 meter persegi ini dilengkapi dengan fasilitas jembatan layang yang menghubungkan Gedung Poin Square, transit hub, parkir sepeda, area drop off kendaraan pribadi, pemberhentian bus Transjakarta, dan
transportasi daring telah memasuki proses penuntasan.

Realisasi pengembangan Kawasan Berorientasi Transit dan pembangunan Simpang Temu Lebak Bulus dilakukan oleh PT MRT Jakarta (Perseroda) berkolaborasi dengan PT Inti
Menara Jaya, yang mana adalah pemilik gedung Poin Square.

Simpang Temu Lebak Bulus merupakan simpang temu kedua yang dibangun di dalam Kawasan Berorientasi Transit MRT Jakarta. Pembangunan Simpang Temu Lebak Bulus adalah bentuk kolaborasi antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, BUMD MRT Jakarta, dan pihak swasta dalam hal ini oleh Poin Square dan Intiland.

“Tempat ini akan menjadi titik interaksi warga menggunakan transportasi
publik yang ada di ujung selatan Kawasan Berorientasi Transit Lebak Bulus. Pembangunan ini akan tuntas di bulan November, dapat beroperasi pada Desember dan dapat memberikan
manfaat untuk masyarakat.” tutur Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Mohammad Aprindy.

Simpang Temu Lebak Bulus diharapkan menjadi katalis dalam perwujudan visi
Kawasan Berorientasi Transit Lebak Bulus sebagai “Gerbang Suar Jakarta” dalam mewujudkan pergerakan dan ketersediaan ruang publik yang memperkuat sistem penghubung antar lahan pembangunan dengan fasilitas-fasilitas transit di selatan Jakarta.

Penulis : Vinolla.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *