June 19, 2024

Menparekraf Sandiaga Uno berikan pelatihan membatik untuk emak-emak Banyuwangi. (Ist)

INVENTIF – Dorong kualitas ekonomi kreatif, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menggelar pelatihan membatik untuk ibu rumah tangga di Banyuwangi, Jawa Timur.

Sandiaga mengungkapkan, ibu rumah tangga dibidik menjadi peserta pelatihan karena dinilai banyak memiliki keunggu membatik. Dengan bekal kemampuan membatik yang fasih, ibu rumah tangga diyakininya akan turut membantu bangkitnya Banyuwangi setelah terhantam efek pandemi Covid-19.  

“Ini kami siapkan karena Banyuwangi akan segera bangkit kembali sehingga harus dibangun agar memiliki daya saing dan menjadi oleh-oleh wisatawan,” ujar Sandiaga, Selasa (07/06/2022).

Pelatihan membatik untuk emak-emak oleh Sandiaga menggandeng Yayasan Indonesia Setara ini diinisiasi oleh “Rumah Sandiuno Indonesia”. Workshop digelar di Pondok Pesantren Roudlotul Muta’alimin, Banyuwangi, Jawa Timur, Senin, 6 Juni 2022.

Tak hanya memberi pelatihan membatik, Sandiaga menyatakan pihaknya akan berkomitmen memberi pendampingan, bantuan pemasaran produk, serta perizinan. Langkah tersebut ucapnya sebagai upaya menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Mereka rupanya sangat antusias untuk mengembangkan industri batik, jadi kami akan melakukan pendampingan setelah ini dan membantu pemasaran, serta bantu perizinan-nya,” Sandiaga berkomentar.

Sementara itu, Ketua Pondok Pesantren Roudlotul Muta’alimin Gusdur Muzi Muftadi Asimbari menyambut baik adanya pelatihan diberikan kepada masyarakat dan santri di Banyuwangi. Dirinya berharap pelatihan kreatif terus dapat terus dibina.

“Dengan pelatihan membatik ini sebagai gerakan atau kreativitas sehingga membatik ini dapat terus dididik dan dibina,” ujarnya. (DWI HARYANTO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *