June 23, 2024

Karya Kreatif Indonesia 2022 diselenggarakan di secara hybrid dengan mengangkat keindahan pulau Sumatera bagian Selatan. (Ist)

INVENTIF – Dukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk menembus pasar global, Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang akan berlangsung pada tanggal 26 – 29 Mei 2022 di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Bank Indonesia dalam keterangan diberikan melalui situs resminya menyatakan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional. Penyelenggaraan KKI yang merupakan bentuk komitmen BI dalam memajukan UMKM nasional diharapkan menjadi wadah pelaku usaha untuk menampilkan karya kreatif unggulannya yang berkualitas sehingga. Tujuannya, produk UMKM berkualitas tersebut dapat meningkatkan akses pasar baik secara domestik maupun global (ekspor).

Peran aktif Bank Indonesia dalam pengembangan UMKM sendiri telah berjalan baik di kantor pusat maupun seluruh kantor perwakilan. Peran itu meliputi korporatisasi UMKM, peningkatan kapasitas produksi, keuangan hingga pemasaran nasional dan global, serta penggunaan platform digital (e-catalogue) untuk memasarkan produk hingga proses transaksi pembayaran (QRIS).

Program KKI sekaligus merupakan upaya BI mengembangkan UMKM dan industri kreatif melalui penciptaan pusat aktivitas ekonomi baru yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh. Menariknya, kegiatan ini dapat mempertemukan pelaku usaha dengan potential buyer dan end user guna memperluas pasar.

Penyelenggaraan KKI diharapkan dapat memberikan inspirasi, wawasan dan pengalaman bagi pengunjung sehingga dapat lebih mencintai produk karya bangsa. KKI juga dapat menjadi ajang memotivasi UMKM untuk terus berkreasi menghasilkan produk berkualitas dan bernilai ekspor tinggi.

Melalui KKI yang telah diselenggarakan BI sejak 2016., UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia di seluruh Indonesia didorong untuk secara kontinu melakukan inovasi, memperbaiki kualitas produk sesuai selera pasar, dan berorientasi ekspor, serta memanfaatkan platform digital, agar dapat menembus pasar internasional. Rangkaian kegiatan KKI senantiasa diselaraskan dengan event Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BWI). Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat untuk bangga dan berpartisipasi dalam membeli produk-produk UMKM.

Pada tahun 2022, Karya Kreatif Indonesia akan dilaksanakan secara hybrid melalui penyelenggaraan kegiatan pameran produk unggulan secara fisik setelah 2 tahun masa pandemi. KKI 2022 mengangkat keindahan pulau Sumatera bagian Selatan dengan tagar #Swarnadwipa, dengan mengusung tema “UMKM Indonesia Bangkit melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan”.

Sebelumnya Destry Damayanti selaku Deputi Gubernur Senior BI pada acara penutupan KKI 2021 menuturkan dibanding tahun sebelumnya kepesertaan UMKM di KKI 2021 telah meningkat, sehingga mencapai 525 UMKM dibanding tahun sebelumnya. Terdapat juga kenaikan omset dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp28 Miliar. KKI ditegaskannya akan dilaksanakan setiap tahun dan dirancang semenarik mungkin guna mengangkatkan citra budaya dan produk UMKM. Program KKI juga dilakukan secara komprehensif dari hulu ke hilir dengan akselerasi melalui pemanfaatan perkembangan ekonomi dan penggunaan teknologi digital yang merupakan salah satu agenda prioritas G20 Indonesia. (Yar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *