June 20, 2024

Destinasi wisata kerap pilihan keluarga saat libur sekolah. (kemenparekraf)

INVENTIF – Genjot sektor pariwisata di tengah liburan sekolah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengingatkan tour leader sebagai garda terdepan di untuk selalu memastikan keselamatan dan keamanan para wisatawan yang menggunakan bus pariwisata.

Sandiaga menyampaikan pihaknya akan memberikan instruksi tegas agar tour leader bertindak cermat dalam memilih armada perjalanan pariwisata.

“Kami akan memberikan suatu instruksi tegas kepada para tour leader sebagai garda terdepan dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mengutamakan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan, terapkan protokol kesehatan yang sangat disiplin dalam memilih bus pariwisata dan pastikan pengemudi dalam keadaan tidak ngantuk, dalam keadaan sehat dan fit 100 persen untuk memandu perjalanan wisata,” kata Menparekraf saat Weekly Press Briefing yang berlangsung secara hybrid, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (27/6/2022)

Sandiaga menilai sektor transportasi turut menjadi faktor penting dalam memajukan pariwisata di Indonesia. Saat ini dirinya mengaku prihatin karena masih banyak terjadinya kasus kecelakaan bus pariwisata yang menyebabkan luka-luka hingga meninggal dunia.

Dalam kesempatan yang sama Sandiaga mengimbau masyarakat lebih berhati-hati dalam memilih bus pariwisata dan memastikan armada tersebut sudah terdaftar melalui portal SPIONAM (Sistem Informasi Perizinan Portal Angkutan dan Multimoda).

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tukas Sandiaga menyediakan portal SPIONAM tersebut untuk mencegah maraknya angkutan ilegal (tidak berizin) yang beroperasi di jalanan. Sehingga masyarakat dapat mengetahui dan memilah angkutan pariwisata yang aman dan nyaman karena sudah memiliki izin resmi.

“Safety first, karena keselamatan baik penumpang dan pengemudi merupakan yang utama,” pesannya.

Terkait berakhirnya semester genap tahun ajaran 2021/2022, Sandiaga memberikan beberapa rekomendasi destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh para pelajar tanah air untuk menikmati momen libur sekolah bersama keluarga.

“Berdasarkan data-data yang kita terima ada Bali dan destinasi lainnya yang konsepnya personalize, customize, localize, smaller in size. Karena populasi Indonesia banyak di pulau Jawa, maka yang di Jawa akan berlibur sekolah di dekat lokasi mereka tinggal, sekitar 200 sampai 250 kilometer dengan berkendaraan darat sehingga mereka bisa menyikapi harga pesawat yang mahal,” kata Menparekraf Sandiaga.

Warga Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) misalnya dikatakan Sandiaga dapat mengunjungi tiga destinasi andalan, yakni Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, serta Taman Margasatwa Ragunan.

Sementara mereka yang menetap di sekitar Jawa Barat tak hanya dapat berlibur ke Puncak sejumlah destinasi lain dapat menjadi pilihan, seperti Kota Bandung contohnya yang mendapat predikat sebagai daerah dengan wisata kuliner terbaik. Kabupaten Pangandaran lanjut Sandiaga juga memiliki sejumlah objek pemandangan alam seperti Pantai Pangandaran, Green Canyon, Pantai Batu Hiu. Kabupaten Garut, juga menawarkan panorama alam yang menakjubkan seperti Kawasan Wisata Cipanas, Pantai Santolo.

Sementara bagi yang berada di Jawa Timur, Bromo tentunya sangat diminati para wisatawan. Jawa Tengah terdapat Candi Borobudur, Desa Wisata Candirejo, Desa Wisata Dieng Kulon, dan lainnya. Sementara di D.I Yogyakarta terdapat Desa Wisata Nglanggeran sebagai salah satu desa wisata terbaik dunia 2021 yang ditetapkan oleh organisasi pariwisata dunia (UNWTO). (ANITA RAHIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *