June 20, 2024

INVENTIF – Melihat hal ini, blu by BCA Digital mengajak masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam mengelola sampah secara lebih bijak dengan memilah sampah anorganik untuk dikelola kembali. Sampah yang sudah dipilah, akan di setorkan pada waste station yang dihadirkan melalui kolaborasi dengan start-up Waste Management, Rekosistem dan MRT Jakarta.

Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), jumlah sampah yang dikelola sepanjang 2022 sebanyak 14,03 juta ton pada 2022. Angka tersebut menurun 44,76% dibandingkan 2021 yang mencatatkan sebanyak 25,4 juta ton.

Head of Marketing and Communication BCA Digital, Duardi Prihandiko menjelaskan, kolaborasi antara blu dengan Rekosistem dan MRT Jakarta untuk mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam hal pengelolaan sampah. Program Corporate Sustainability Initiative (CSI) BCA Digital yang menggagaskan kepedulian terhadap lingkungan sekitar ini sejalan dengan financial sustainability yang dikonsepkan oleh OJK.

“Waste Station ini hadir berkat sobatblu (sapaan akrab nasabah blu) yang telah berpartisipasi pada campaign #bluBuatBaik Virtual Run periode Oktober 2022. Setiap 10 KM jarak yang telah dikumpulkan oleh sobatblu, kami menyumbangkan Rp10.000 untuk pembangunan ini. Berkat kontribusi mereka ini, tujuh waste station blu segera terwujud dan tersebar di area JABODETABEK, Bandung dan Surabaya,” ujar Duardi melalui keterangan pers, Kamis (23/2).

CEO dan Co-Founder Rekosistem, Ernest Layman dengan senang menyampaikan kolaborasi berkelanjutan antara blu dan Rekosistem untuk memperluas pesebaran waste station di Indonesia. Ernest percaya mulai dari hal kecil seperti mengelola sampah akan membawa dampak yang cukup besar jika dilakukan secara konsisten.

“Kami berharap dengan tersebarnya lebih banyak lokasi waste station, tidak hanya bertujuan untuk mengumpulkan sampah anorganik yang dapat diolah. Tapi dapat menciptakan lifestyle baru masyarakat untuk lebih peduli akan lingkungan dengan lebih aktif untuk memilah sampah dan menyetorkan sampah anorganik ke lokasi waste station terdekat,” ucap Ernest.

blu telah membuka waste station pertamanya di Alam Sutera pada Desember 2022 lalu. Kali ini, didukung oleh MRT Jakarta, blu resmi membuka waste station kedua di area Taman Dukuh Atas pada ​​Kamis (23/02).

“Atas nama MRT Jakarta, saya menyampaikan dukungan terhadap upaya kolaboratif dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) di Indonesia, khususnya Jakarta. Pemilihan Kawasan Dukuh Atas sebagai waste station sangat strategis karena berada di titik tengah Jakarta dan aksesnya mudah untuk dijangkau baik oleh berbagai transportasi publik maupun pribadi. Ini juga menunjukkan bahwa ke depannya, pembangunan Jakarta berbasis transit akan memiliki fungsi lain selain sebagai kemudahan aksesibilitas berpindah moda transportasi, namun juga memberikan kesempatan untuk kegiatan lain yang memiliki value bagi lingkungan yang berkelanjutan,” ungkap Farchad Mahfud Direktur Pengembangan Bisnis MRT Jakarta.

Berikut alur menyetor sampah di waste station Rekosistem x blu x MRTJ secara sederhana:

  1. Siapkan sampah anorganik dalam box atau dus dan antar ke waste station.
  2. Buka aplikasi Rekosistem.
  3. Pilih opsi ‘Setor Sampah’.
  4. Lalu klik opsi ‘Mulai Setor Sampah’.
  5. Pastikan Drop Point sudah sesuai dengan yang ingin dituju.
  6. Tuliskan kode unik yang tertera di aplikasi pada box yang telah dibawa.
  7. Serahkan box kepada tim petugas di waste station.
  8. Setelah selesai disetor, sampah akan ditimbang dan dicatat untuk dipilah kembali sesuai dengan jenis sampahnya.

Apabila sudah selesai dipilah, maka hasil pilahan sampah bisa dilihat melalui fitur ‘Laporan Sampah’. Untuk tiap partisipan yang menyetor sampah di waste station blu akan mendapatkan RekoPoints sesuai dengan berat sampah yang sudah divalidasi. Nantinya Rekopoint dapat ditukarkan menjadi e-money.

Penulis : Vinolla/Herman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *