June 22, 2024

Penguatan struktur dilakukan Polri dengan menaikkan pangkat Dankor Brimob menjadi Komjen. (Dok Polri)

INVENTIF – Polri melakukan penguatan struktur dengan menaikkan pangkat Komandan Korps Brimob (Dankor Brimob) menjadi Komjen.

Dengan penguatan struktur tersebut, Anang Revandoko yang menjabat sebagai Dankor Brimob Polri kini berpangkat Komjen. Wadankorbrimob Setyo Boedi Moempoeni Harso turut mengalami kenaikan pangkat dari semula Brigjen Pol menjadi Irjen.

Upacara kenaikan pangkat dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (29/6/2022). Penguatan struktur juga dilakukan Kapolri dengan menaikkan pangkat Kapusdokkes menjadi Irjen atau Pati bintang dua.

Dalam kesempatan itu, Kapolri turut menaikkan pangkat serta memimpin serah terima jabatan ratusan personel lain baik perwira tinggi hingga perwira pertama. Rinciannya 15 anggota untuk  perwira tinggi mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi, termasuk delapan orang dari Komisaris Besar (Kombes) menjadi Brigadir jenderal (Brigjen) di Korps Bhayangkara. Salah satu yang menerima kenaikan pangkat dan jabatan baru yaitu Brigjen Gatot Repli Handoko. Sebelumnya Gatot berpangkat kombes dan menjabat sebagai Kabagpenum Polri dan kini dipercaya sebagai Kepala Biro Multi Media.

Sementara korps raport perwira menengah (Pamen) di seluruh Indonesia sebanyak 110 orang, kemudian AKBP ada 443 orang dan Kompol ada 303 orang. Sedangkan kenaikan pangkat perwira pertama yaitu AKP sebanyak 205 orang, Iptu 572 dan Ipda 597 personel.

Salah satu jabatan prestisius yang mengalami pergantian yaitu setingkat Kapolda, dalam hal ini Kapolda Lampung, kemudian Kapolda Gorontalo dan Kapolda Papua Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *