June 20, 2024

INVENTIF: PT Digital Futures Exchange (DFX) siap menjadi bursa kripto karena perusahaan memiliki teknologi real time reporting yang dapat memberikan laporan pergerakan perdagangan aset kripto secara real time.

“Kalau sistem manual yang sekarang masih digunakan di Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi), mereka menunggu laporan bulanan. Masing-masing perusahaan membuat laporan, laporan itu kemudian diakumulasi jadi laporan yang sifatnya nasional,” ujar Senior Advisor PT Digital Futures Exchange (DFX) Bachrul Chairi kepada wartawan.

Namun sistem yang DFX bangun, laporan bisa diketahui dalam waktu sebenarnya (real time). Laporan dimaksud, meliputi harga dan pergerakan jual-beli suatu aset digital, jumlah aset digital beredar, hingga total kapitalisasi pasar komoditas. “Kemudian siapa yang paling banyak menjual koin tertentu dan lain-lain, itu sudah siap di sistem kami. Harganya berapa di perusahaan A dan B, kami tahu di sini,” imbuh Bahrul.

Data-data tersebut yang nanti bisa DFX olah untuk menemukan harga indeks bitcoin tertentu di Indonesia, sejenis indeks harga saham gabungan (IHSG). “Itu (teknologi) memang kami yang ciptakan untuk mendukung perdagangan bursa digital di Indonesia. Ini kami desain khusus. Kalau mau dibilang barangkali sistem perdagangan aset kripto DFX,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *