April 12, 2024

BMW IX yang dapat menempuh 600 mil untuk sekali cas dikbarkan akan rilis di akhir tahun 2022. (Ist)

INVENTIF – Serius menggarap mobil berenergi listrik BWM dan sebuah perusahaan bernama Our Next Energy (ONE) di akhir tahun 2022 akan meluncurkan mobil yang diberi brand BMW iX.

Produk otomotif ini dipastikan akan memberikan kenyamanan dan menghapus kecemasan atas jarak tempuh, mengingat energy digunakan berbahan dasar listrik. Tak tanggung-tanggung, kapasitas baterai dari BMW iX disebut-sebut mampu melaju hingga sejauh 600 mil atau berkisar 965,606 Km untuk sekali cas. Analoginya dalam keadaan baterai penuh, mobil ini dapat dipacu hingga kota Malang yang berjarak 851 km melalui jalur darat tol Trans-Jawa tanpa berhenti di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SPKLU).

Dikutip  dari Motortrend, BMW menggandeng ONE, sebuah perusahaan di Michigan, Amerika Serikat yang berfokus pada pengembangan energi terbarukan. Perusahaan perusahaan antara BMW dan ONE itu diberi nama ONE Gemini. Perusahaan inilah yang akan melahirkan sebuah baterai dengan daya tempuh 965 km dalam sekali cas. Baterai itu selanjutnya akan dipasangkan pada mobil litrik BMW iX yang diluncurkan akhir tahun ini.

ONE saat ini telah melahirkan beberapa produk, salah satunya ialah paket baterai (battery pack) untuk kendaraan ramah lingkungan. Namun ONE menjanjikan mereka siap memproduksi baterai untuk kapasitas yang lebih jauh.

Baterai yang dibuat oleh ONE ini memiliki spesifikasi 20 persen lithium dan 60 persen perpaduan graphite, nikel, dan cobalt.

ONE diketahui pernah ikut dalam kompetisi penyedia baterai untuk mobil Tesla. Di sana perusahaan itu menciptakan sebuah baterai yang bisa melaju hingga 752 mil (setara dengan 1.210 km) sekali tempuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *