June 19, 2024

INVENTIF: Pemerintah Swedia mengeluarkan izin untuk memburu dan membantai 201 kucing lynx dalam sepekan terakhir. Padahal, spesies hewan kucing besar itu termasuk di ambang kepunahan.

Jumlah izin yang dikeluarkan otoritas Swedia untuk membantai kucing lynx selama Maret 2023, bertambah dua kali lipat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Langkah ini tentu menuai kecaman dari berbagai pihak, termasuk pelestari dan aktivis satwa liar. Menurut mereka, pembantaian ini tidak sebanding dengan bahaya bagi ternak atau manusia.

“Ini seperti perburuan trofi. Ratusan pemburu asing sengaja datang ke Swedia untuk berburu lynx karena menurut mereka itu mengasyikkan,” kata Magnus Orrebrant, Direktur Svenska Rovdjursforeningen, sebuah kelompok advokasi untuk hak hewan.

Di Swedia, Lynx diburu menggunakan anjing. Lynx ditakut-takuti menggunakan anjing hingga keluar dari persembunyian, kemudian dieksekusi oleh pemburu dengan cara ditembak.

Bulan lalu, konservasionis memperingatkan bahwa populasi lynx di Eropa hampir punah, kecuali ada upaya yang dilakukan untuk melindungi hewan.

Sebuah tes yang dilakukan pada kucing lynx di Prancis menunjukkan bahwa keragaman genetik kucing ini sangat rendah. Sehingga spesies ini terancam punah dalam 30 tahun ke depan.

Saat ini ada sekitar 1.450 lynx yang tersebar di seluruh wilayah Swedia. Jumlah ini 300 lebih sedikit dari total populasi 10 tahun yang lalu.

Asosiasi Pemburu Swedia, Svenska Jägareförbundet, mengakui lynx memang tidak menimbulkan bahaya bagi manusia.

“Perburuan dan pembantaian ini sama sekali tidak terkait dengan bahaya apa pun bagi manusia. Perburuan lynx hanya untuk kesenangan semata. Bagi para pemburu, kulit lynx adalah daya tariknya,” ungkap penasihat asosiasi, Henrik Falk, dikutip dari The Guardian.

Pendapat serupa juga disampaikan Kelompok Anti Perburuan Jaktkritikerna. Marie Stegard, selaku perwakilan dari kelompok ini, mengatakan perburuan lynx di Swedia sering terjadi selama musim kawin kucing tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *