July 19, 2024

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo. (Ist)

Inventif – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya hingga kini belum berencana melakukan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan arus ataupun penutupan jalan terkait event internasional Formula E yang akan berlangsung 4 Juni 2022 mendatang dan direncanakan dihadiri Presiden Joko Widodo

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengemukakan pengaturan hanya dilakukan di jalur menuju tiga pintu masuk Ancol yang akan digunakan penonton untuk menyaksikan langsung balap mobil listrik pertama di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Pademangan, Jakarta Utara tersebut.

“Hasil survei sementara belum diperlukan pengalihan maupun penutupan arus,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (30/5/2022).

Pengaturan menurut Sambodo saat ini hanya dilakukan untuk arus penonton yang akan masuk ke arena sirkuit Formula E nantinya. “Kita hanya melalukan pengaturan arus penonton di Pintu Barat dan Timur Ancol serta di Pintu Karnaval untuk tamu VVIP,” timpalnrya.

Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Metro Jaya, Kombes Marsudiyanto menyebutkan Presiden Joko Widodo akan menghadiri undangan menonton langsung balapan mobil listrik Formula E di JIEC Ancol. Kepastian tersebut tergambar setelah pihak Paspampres telah melakukan pengecekan di lokasi.

“Insyaallah hadir (Presiden), dari Paspampres juga sudah ada yang melakukan pengecekan di sini, nanti akan disiapkan di sini VIP,” beber Marsudiyanto seraya menuturkan keterlibatan TNI untuk pengamanan Presiden

Untuk pengamanan event akbar yang diprediksi akan dihadiri sekitar 22 ribu penoton ini, Polda Metro Jaya menerjunkan 1.700 personel. Meski belum ada rencana penutupan arus lalu lintas, Karo Ops mengemukakan pihaknya akan menghentikan setiap kendaraan dengan muatan besar melintas satu jam jelang kehadiran Presiden Joko Widodo.

“Nantinya kendaraan-kendaraan besar, terutama kontainer akan kami hentikan sampai Presiden selesai kegiatan dari sini baru kita buka kembali, untuk sementara saja,” ucapnya. (ASTRID)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *