June 22, 2024

INVENTIF – Festival bertema ‘Udara Bersih untuk Jakarta’ dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan, Minggu (5/6/2022).

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, festival ini diselenggarakan sekaligus mengajak masyarakat meningkatkan udara bersih di Jakarta.

“Kita memang sama-sama ke depannya baik dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, para kolaborator dan masyarakat dapat bekerja sama untuk meningkatkan udara bersih di Jakarta,” ujar Asep.

Untuk meningkatkan udara bersih di Jakarta, Asep meminta masyarakat agar dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi untuk meminimalisir pencemaran udara. Selain itu, jajarannya juga mengimbau masyarakat untuk segera melakukan uji emisi pada kendaraannya masing-masing.

“Uji emisi di Jakarta kita sedang digalakkan, sehingga adanya kesadaran masyarakat untuk melaksanakan uji emisi terhadap kendaraan,” kata Asep.

Menurutnya, kualitas udara di Jakarta sejauh ini telah membaik dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

“Ya memang kalau udara di Jakarta berangsur-angsur selama satu dekade ini semakin membaik. Kita juga juga terus berupaya menambah taman-taman di Jakarta, dan Alhamdulillah membawa dampak juga pada peningkatan udara bersih di Jakarta,” ucap Asep.

Ditambahkan Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup (Asbang LH) Sekda Provinsi DKI Jakarta, Afan Adriansyah Idris yang mewakili Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, isu polusi udara menjadi sangat penting terutama bagi Jakarta yang merupakan daerah perkotaan.

“Isu polusi udara ini penting sehingga kami masukkan dalam program prioritas di Pemprov DKI. Berbagai upaya yang sudah kami lakukan, antara lain meluncurkan kebijakan sustainable mobility yang dapat mengurangi pencemaran udara dan juga merupakan bagian dari strategi kami untuk mencapai net zero emission,” kata Afan.

Untuk diketahui, Festival ‘Udara Bersih untuk Jakarta’ dimulai pukul 08.25 hingga 17.00 WIB. Agenda festival ini juga menyajikan kampanye udara bersih untuk Jakarta, Talkshow dengan tema ‘Apa yang Bisa Saya Lakukan untuk Mengurangi Pencemaran Udara’ dan pertunjukan musik.

Selain itu, warga yang ingin berwisata ke Tebet Eco Park juga diimbau untuk menggunakan transportasi umum untuk meminimalisir pencemaran udara. (NVR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *