June 19, 2024

INVENTIF: Pemerintah pendudukan sayap kanan yang dipimpin oleh Benjamin Netanyahu berencana untuk melanjutkan legitimasi permukiman liar Yahudi di wilayah pendudukan Palestina. Legalisasi dilakukan terhadap permukiman yang belum diakui oleh hukum Israel. Kabar tersebut dikonfirmasikan lewat berita di sebuah surat kabar Israel.

“Pemerintah siap untuk memberikan suara pada serangkaian tindakan yang secara surut menyetujui permukiman liar di Yudea dan Samaria (Tepi Barat) dengan biaya beberapa miliar shekel” ujar laporan surat kabar Israeli Hayom.

Menurut perjanjian koalisi antara partai Likud dan partai Otzma Yehudit, yang dipimpin oleh Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir, pemerintah telah berjanji untuk segera menyelesaikan persoalan permukiman liar ini. Tujuannya adalah untuk menyelesaikan masalah permukiman melalui rencana yang melegitimasi puluhan pemukiman di daerah.

Israeli Hayom menambahkan, sebuah forum menteri yang dipimpin oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu harus dibentuk dalam waktu 30 hari setelah pemerintah dilantik. Kemudian dalam waktu 60 hari, kabinet harus mengeluarkan resolusi untuk mendapatkan pengakuan resmi, serta meluncurkan proses legalisasi selama 18 bulan. Termasuk penyambungan permukiman liar ke jaringan listrik dan infrastruktur air, serta layanan publik dan keamanan penting lainnya.

Surat kabar tersebut melaporkan bahwa Menteri Pembangunan Pinggiran Negev dan Galilea Yitzhak Wasserlauf akan mengangkat tiga masalah permukiman kepada pemerintah. Dimulai dengan memajukan rencana pembangunan permukiman Yahudi yang menghubungkan ke jaringan kritis, meningkatkan tingkat infrastruktur dan pembangunan gedung-gedung publik, serta mendirikan departemen untuk pemukiman muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *