June 22, 2024

Sumber foto AFP

INVENTIF: Usai lawatan kontroversinya, menteri Itamar Ben-Gvir kembali mengeluarkan pernyataan yang tak kalah kontroversi. Dia memerintahkan adanya larangan pengibaran bendera Palestina di tempat-tempat umum. Kelompok hak asasi manusia (HAM) Amnesty International mengecam langkah itu sebagai ‘upaya tak tahu malu untuk melegitimasi rasisme’.

Seperti dilansir AFP, Rabu 11 Januari 2023, Ben-Gvir yang menjabat Menteri Keamanan Nasional mengeluarkan perintah pada Minggu (8/1) waktu setempat, agar komandan Kepolisian Israel memberikan wewenang kepada personel kepolisian untuk menurunkan bendera Palestina yang dikibarkan di ruang publik.

“Saya telah menginstruksikan Kepolisian Israel untuk menegakkan larangan mengibarkan bendera PLO (Organisasi Pembebasan Palestina) di ruang publik, sebuah tanda identifikasi organisasi teroris,” tulis Ben-Gvir dalam pernyataan via Twitter.

“Kami akan melawan terorisme dan para pendukung terorisme dengan sekuat tenaga,” tegasnya.

Usai menang pemilu November 2022, Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu pada bulan lalu membentuk pemerintahan baru dengan jabatan-jabatan penting dipegang oleh sekutu-sekutu sayap kanan. Salah satu pemegang jabatan penting itu adalah Ben-Gvir. dari Partai Kekuatan Yahudi, yang memiliki riwayat melontarkan komentar menghasut soal Palestina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *