June 19, 2024

Ilustrasi paving block terbuat dari sampah plastik. (Ist)

INVENTIF – Anda bingung menghadapi banyaknya sampah plastik di lingkungan sekitar? Daripada dibakar yang menimbulkan polusi udara atau menimbun sampah yang sulit terurai ini, limbah plastik ternyata bisa digunakan menjadi bahan berguna yang dapat membuat lingkungan lebih rapih.

Seperti dilakukan oleh Pria warga Kabupaten Bandung Barat bernama Toni Permana. Di tangan Toni, sampah plastik disulap menjadi paving block dan digunakan untuk lingkungannya. Inovasi dilakukan Toni ini berawal dari kegemasan melihat sampah plastik bertebaran di lingkungan rumahnya, Bagi Toni, sampah plastik yang berserakan tak hanya memberi pemandangan jorok, tapi juga mengganggu kesehatan.

Hati Toni terketuk, dimulai dari tahun 2017 ia mengumpulkan sampah-sampah khususnya sampah plastik dari selokan dan sekitar sekolahan terdekat. Tujuannya, didaur ulang menjadi bahan berguna untuk memperbaiki lingkungan rumahnya. Sampah plastik yang dikumpulkan berupa bekas bungkus kopi, mie, dan bungkus sampo. Ada pula tetangga yang sengaja memberikan sampah plastik kepadanya.

Dilansir dari Jabar Qiuck Response, Toni mengaku ide mengubah sampah plastik menjadi paving block terinspirasi saat mengunjungi warga Jawa Tengah yang mulai gencar memproduksi produk serupa. Toni kemudian mencoba merubah sampah plastik di lingkungan sekitarnya menjadi paving block.

Memakan waktu selama 30 menit, Toni saat ini memang hanya mampu memproduksi 15 batu paving block per harinya. Hal itu karena proses pembuatannya masih menggunakan alat manual,

Meski dikerjakan secara manual, Toni meyakinkan bedasarkan hasil uji dilakukan membuktikan paving block buatannya tak kalah dengan yang biasa terbuat dari batu dan semen. Bahan dasar plastik menurut Toni bahkan membuat produk buatannya memiliki kelebihan tahan banting dan bobotnya yang ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *