April 10, 2024

Kombes Gatot Repli Handoko sebagai Kabapenum setiap hari memberikan update Kantibmas dan perkembangan kasus menonjol.

INVENTIF – Promosikan Kombes Gatot Repli Handoko sebagai Kepala Biro (Karo) Multimedia Divisi Humas, Mabes Polri menempatkan polisi wanita (Polwan) berpangkat perwira menengah sebagai Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum).

Promosi terhadap Gatot tertuang dalam surat telegram bernomor 1214/VI.KEP/2022. Dengan jabatan baru sebagai Karo Multimedia, mantan Kabid Humas Polda Jatim ini selanjutnya akan menerima bintang d pundaknya dengan pangkat Brigjen Pol.

Sosok Gatot di kalangan jurnalis merupakan perwira menengah yang ramah dan menjadi jembatan atau pemberi informasi yang hangat. Di Mabes Polri, setiap harinya Gatot menyapa para wartawan di Divisi Humas dengan perkembangan Kantibmas hingga update kasus-kasus menonjol. Lulusan Akpol 91 yang lahir di tahun 1969 ini juga selalu aktif menjawab berbagai pertanyaan dilayangkan para jurnalis melalui telepon genggam ataupun aplikasi Whats App.

Kaprodi S3 Ditprog Pascasarjana STIK Lemdiklat Polri, Kombes Nurul Azizah menjadi Jubir Polri pertama dari Polwan. (Ist)

Sepeninggal Gatot, Polri menempatkan Kombes Nurul Azizah sebagai Kabagpenum. Penempatan ini menjadikan sejarah baru Polri yang untuk pertama kalinya menempatkan Polwan sebagai juru bicara. Kombes Nurul Azizah yang lahir di Banyubiru, Ambarawa tahun 1972 lalu ini sebelumnya menjabat sebagai Kaprodi S3 Ditprog Pascasarjana STIK Lemdiklat Polri.

“Untuk jabatan Kabag Penum adalah Pak Kapolri mempercayakan seorang polwan, jadi polwan berpromosi menjadi Kabag Penum, jabatan 21 atau Kombes mantap,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Selasa (21/06/2022).

Tak hanya Nurul, Polri juga memberikan promosi kepada enam Polwan lainnya, salah satunya Brigjen Juansih yang menerima kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Irjen. Brigjen Juansih yang saat ini menjabat sebagai Karojianbang Lemdiklat Polri akan bertugas sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim Lemdiklat Polri.

Sementara dua Polwan lain penerima kenaikan pangkat menjadi Kombes yaitu AKBP Siti Nur Imanta yang menjabat Karumtik Tk 2 Bandung Polda Jawa Barat dan AKBP Titik Wahyuningsih sebagai Kepala Bidang Keuangan (Kabidkeu) Banten.

Tiga Polwan berpangkat Kombes lainnya dipercaya sebagai kepala bidang di wilayah yaitu Kombes Endang Sri Wahyu Utami sebagai Kabidkeu Polda Bali, Kombes Heni Kresnowati (Kabidkeu Polda Jabar), dan Kombes Yuliani (Kabidkum Polda Banten).

Promosi terhadap Polwan dilakukan Mabes Polri ini sekaligus menjawab kritikasn Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menilai kesetaraan gender di Korps Bhayangkara msih minim karena sedikitnya wanita yang menduduki posisi pimpinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *