June 22, 2024

INVENTIF – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya menekan harga minyak goreng. Kemendag berusaha mencapainya dengan melakukan pemasaran minyak goreng dengan harga terjangkau.

Zulkifli Hasan, melepas pengiriman sekitar 1.200 ton atau setara 1,3 juta liter minyak goreng kemasan sederhana dengan merek Minyakita ke Indonesia bagian timur.

Pendistribusian yang dilakukan dengan jalur tol laut ini dilakukan untuk stabilkan harga minyak goreng khususnya di daerah Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua.

Zulkifli Hasan di Pelabuhan Tanjung Priok Terminal Kontainer Dermaga 108, Kamis, mengatakan sudah 55 hari diminta Presiden memimpin Kementerian Perdagangan.

“Dulu minyak nggak jinak-jinak sekarang rata-rata nasional sudah Rp 14 ribu, di Jawa itu Rp 13 ribu rata-rata Sumatera, Kalimantan, Sulawesi itu Rp 14 ribuan, tapi Papua Maluku NTT itu masih Rp 17 ribu hingga Rp 19 ribu, maka butuh intervensi”, ujar Zulkifli.

Pelepasan ini turut disaksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo, hingga Direktur Utama ID Food Frans Marganda Tambunan.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan pendistribusian minyak goreng kemasan sederhana lewat tol laut ini diharapkan bisa disparitas harga antara Indonesia Timur dengan Barat.

Nantinya, 1.200 ton minyak merek Minyakita ini akan dijual dengan harga eceran tertinggi sebesar Rp 14 ribu per liter, sehingga harga minyak goreng di Indonesia Timur sama seperti wilayah lain di Indonesia.

“Minyak goreng ini punya masalah dalam mencapai harga keterjangkauan dengan tol laut diharapkan dapat memberikan satuan harga yang relatif murah sehingga mengenai disparitas harga Timur dengan Barat harus dibuat tidak ada,” tutup Budi Karya.

Penulis : Vinolla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *