June 22, 2024

INVENTIF – Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur akan dibuka kembali untuk umum pada Oktober 2022 usai objek wisata tersebut direvitalisasi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan ingin tarif masuk ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tidak mahal. Hal itu dikarenakan agar masyarakat bisa masuk dan menikmati wisata di TMII.

“Saya titip pesen juga tarifnya jangan mahal-mahal rakyat harus bisa tetep menikmati TMII ini,” ujar Jokowi kepada wartawan di TMII, Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Jokowi menjelaskan bahwa sejak dibangun tahun 1975an, TMII belum pernah dilakukan renovasi secara besar-besaran. Dan saat ini pemerintah tengah melakukan renovasi dengan total biaya Rp 1,1 triliun.

Hingga saat ini tahap renovasi TMII telah mencapai 98 persen. Dan akan segera dibuka untuk bisa di nikmati oleh masyarakat kembali.

“Kita lakukan renovasi besar-besaran yang menghabiskan anggaran 1,1 triliun dan kita harapkan setelah di renovasi ini menjadi sebuah taman mini Indonesia indah TMII ini menjadi tujuan wisata masyarakat dan juga turis mancanegara,” ungkapnya.

Basuki menjelaskan bahwa harga tiket masuk masih dipertimbangkan oleh Sekretariat Negara.

Sebelum direvitalisasi, harga tiket masuk ke taman wisata gagasan Presiden kedua RI Soeharto dan Tien Soeharto tersebut dipatok sebesar Rp25 ribu per orang.

“Itu nanti Setneg. Yang sekarang kan Rp25 ribu. Mudah-mudahan masih tetap di situ,” kata Basuki.

Terkait dengan sejumlah perubahan di TMII, Basuki menjelaskan revitalisasi tersebut mengusung konsep yang lebih alami sebagai taman wisata rakyat di Jakarta, selain wisata Ancol dan Ragunan yang sering dikunjungi.

Kemudian, kapasitas parkir dapat difungsikan hingga 500 mobil.

Untuk perubahan pada taman kepulauan atau “Archipelago”, Pemerintah menambahkan Pulau Miangas dan Pulau Rote, serta jumlah anjungan menjadi 37 provinsi.

Tugu Api yang sebelumnya dikelilingi oleh keramik juga akan ditanami rumput dan tanaman kacang-kacangan agar konsep alami lebih ditonjolkan di TMII yang baru.

“Jadi kita lebih kembalikan ke alam konsepnya Presiden semua alami. Jembatan kita pasang juga dengan batu alam,” kata Basuki.

Revitalisasi TMII diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 116 Tahun 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Penyelenggaraan Acara Internasional di Provinsi Bali, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Revitalisasi TMII itu sejalan dengan Presidensi G20 Indonesia dan akan menjadi salah satu lokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Penulis : Vinolla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *