June 22, 2024

INVENTIF – Kementerian Perhubungan atau Kemenhub kembali menggelar Program Mudik Motor Gratis atau Motis 2023. Masyarakat mulai bisa mendaftar Motis 2023 ini pada 1 Maret hingga 3 Mei 2023.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menjelaskan, jadwal keberangkatan program mudik Motis 2023 ini pada tujuh hari dan setelah lebaran. Rencananya akan diberangkatkan kira-kira tujuh hari sebelum lebaran,” ujar Adita, Selasa (21/2/2023).

Pendaftaran ini akan terpusat secara online melalui situs mudikgratis.dephub.go.id. Setelah berhasil mendaftar, para calon peserta mudik gratis akan diarahkan untuk verifikasi ditiga stasiun yang ditunjuk.

Adapun program mudik motis ini melayani tiga jalur yakni, Lintas Utara, Lintas Tengah dan Lintas Selatan dengan perjalanan pulang pergi (PP).

Untuk Lintas Utara, stasiun yang dilintasi, diantaranya Cilegon, Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Pasar Senen (naik penumpang), Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, dan Stasiun Semarang Tawang

Kemudian, untuk lintas tengah dari Jakarta Gudang menuju Purwosari dengan stasiun yang dilintasi yaitu Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Pasar Senen (naik penumpang), Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, dan Stasiun Purwosari.

Lalu, untuk lintas selatan, meliputi Stasiun Kiaracondong, Stasiun Tasikmalaya, Stasiun Sidareja, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, dan Stasiun Purwosari.

Dalam pelaksanaannya, motor para peserta akan diberangkatkan bersamaan yang diangkut di gerbong khusus. Sedangkan, khusus penumpang akan dikenakan tarif mudik mulai dari Rp 10.000 dan seterusnya sesuai dengan jarak tempuh.

Rinciannya, untuk jalur utara dikenakan Rp 10.000 per orang dengan jarak tempuh 0-330 Km. Kemudian, jika lebih dari 330 Km, maka dikenakan Rp 20.000.

Sedangkan,Lintas Pasar Senen-Purwosari dengan jarak tempuh 0-480 Km, maka dikenakan biaya Rp 10.000 per orang, jika lebih dari 480 Km maka dikenakan biaya sebesar Rp 20.000 per orang.

Sementara, untuk lintas Selatan Kiara Condong-Purwosari dengan jarak tempuh 0-280 Km, makan dikenakan biaya Rp 10.000 per orang dan jarak lebih dari 280 Km dikenakan biaya Rp 20.000 per orang.

Adapun berikut ini syarat untuk mendaftar Mudik Motor Gratis 2023: KTP, SIM yang berlaku, Kartu keluarga, STNK dan Besaran motor kurang lebih 200 CC.

Penulis : Vinolla/Herman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *