June 20, 2024

INVENTIF – Aplikasi PeduliLindungi besok Rabu 1 Maret 2023 akan bertransformasi menjadi aplikasi SatuSehat Mobile. Kepala Digital Transformation Kementrian Kesehatan Setiaji mengatakan hal itu untuk mereformasi pelayanan aplikasi layanan kesehatan kepada masyarakat.

“Pedulilindungi akan mengalami perubahan besar malam ini, dan dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai SATUSEHAT Mobile mulai 1 Maret 2023,” kata Setiaji pada Selasa 28 Februari 2023.

Setiaji mengatakan aplikasi SATUSEHAT Mobile akan memiliki fitur kesehatan aplikasi PeduliLindungi. Namun, kata dia, aplikasi tersebut ke depan juga akan memiliki sejumlah fitur baru lain untuk menunjang kesehatan.

“Dalam waktu dekat juga akan tersedia fitur baru bernama ‘diari kesehatan’ yang dapat mencatat sekaligus memonitor kondisi kesehatan diri dan orang-orang terdekat,” ujar dia melalui keterangan tertulis.

Dalam fitur Diari Kesehatan tersebut, Setiaji menjelaskan ada empat hal yang bisa dimonitor. Ia mengatakan empat hal itu adalah pengukuran tubuh, tekanan darah, gula darah, dan detak jantung.

“Setelahnya, akan muncul berbagai informasi seperti kurva kesehatan, analisis, serta rekomendasi untuk tindakan lebih lanjut,” kata Setiaji.

Selain itu, Setiaji mengatakan beragam fitur lain akan bertambah seiring waktu berjalan. Misalnya, kata dia, penambahan himpunan informasi mengenai rekam jejak medis personal.

“Dari urusan imunisasi anak, antre ke rumah sakit, hasil pemeriksaan, hingga data pembelian obat nanti akan dapat diakses dan terintegrasi melalui SATUSEHAT Mobile,” kata Setiaji.

Setiaji mengatakan para pengguna tidak perlu repot-repot menginstal kembali aplikasi SATUSEHAT Mobile tersebut. Ia menerangkan para pengguna cukup memperbarui aplikasi PeduliLindungi yang sudah terinstal.

“Profil anggota, sertifikat dan tiket vaksin COVID-19 juga akan tersinkronisasi secara otomatis. Jadi, setelah memberikan persetujuan, pengguna SATUSEHAT Mobile tidak perlu repot membuat akun baru untuk mulai menggunakan SATUSEHAT Mobile,” tutup Setiaji.

Penulis : Vinolla/Herman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *