June 22, 2024

Hoegeng Awards. (PMJ)

INVENTIF – Sosok personel Polri teladan penerima Hoegeng Awrads dipastikan bukan pesanan Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

Penegasan tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni yang menjadi salah satu Dewan Pakar Hoegeng Awards 2022. Sahroni menegaskan Hoegeng Awrads bersifat independen dan sama sekali tidak ada campur tangan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam pemilihan polisi yang menjadi teladan.

Diceritakan Sahroni, saat didapuk sebagai dewan pakar dirinya mempertanyakan apakah Kapolri menginginkan kriteria pilihannya sendiri. Namun Kapolri ketika itu ucap Sahroni menyerahkan sepenuhnya kepada dewan pakar. Sikap Kapolri yang memberi keputusan final sepenuhnya kepada dewan pakar diapresiasi Sahroni sebagai suatu hal yang luar biasa.

“Saya yang pertama kali bertanya kepada tim apakah dalam pemilihan Hoegeng Awards ini, ‘Pak Kapolri ada menginginkan kriteria tersendiri?’. Itu saya tanya Pak Kapolri dua kali, terus dijawab, ‘Pak Kapolri tidak ikut campur siapapun yang dipilih oleh Dewan Pakar dan panitia’,” beber Sahroni sebelum membacakan Hoegeng Awards kategori Polisi Inovatif yang diterima oleh Brigjen Eko Rudi Sudarto, di The Tribrata Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Dalam kesempatan itu, Sahroni berpesan agar Polri terus mempertahankan sikap humanis kepada masyarakat disertai perbaikan dalam berbagai pelayanan.

“Dan kalau masalah integritas, inovasi, dan dedikasi, di mana semua lembaga pasti ada kekurangan. Maka dari kekurangan itu, dalam hal perbaikan, dalam hal prosesnya, itu perlu waktu. Kalau di Hari Bhayangkara ini yang ke-76 kita berharap, tadi baru ditanya bagaimana Hari Bhayangkara pada 1 Juli saat ini? Kita sampaikan humanisme polisi harus dipertahankan sekalipun masih banyak kekurangan dalam pelayanan itu adalah bentuk untuk perbaikan di masa yang akan datang. Selamat, Pak Kapolri,” pesan Sahroni.

Tiga sosok diumumkan sebagai polisi teladan yang berhak menerima Hoegeng Awards. Untuk kategori Polisi Berdedikasi penghargaan diberikan kepada Kanit Binmas Polsek Muara Gembong Aipda Rohimah. Sementara kategori Polisi Inovatif jatuh kepada Wakapolda Papua Brigjen Eko Rudi Sudarto. Sedangkan Kapolda Gorontalo Irjen Akhmad Wiyagus berhak menerima penghargaan untuk kategori Polisi Berintegritas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *