Pos Indonesia dan IMSS Kerja Sama Memaksimalkan Layanan Ekspor Impor

0

INVENTIF – PT Pos Indonesia(Persero) mendorong pemaksimalan transaksi ekspor impor melalui layanan logistik yang saat ini telah terhubung dengan 228 negara di dunia. Layanan ini diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para pelaku usaha di Tanah Air. 

Direktur Bisnis Kurir & Logistik PT Pos Indonesia (Persero), Siti Choiriana, dalam keterangan resminya. Saat ini kami terkoneksi dengan jaringan Pos di seluruh dunia, di mana ada 228 negara di dunia yang merupakan member dari universal postal union (UPU). Jaringan ini berkolaborasi dalam penyelenggaraan jasa postel. Ini menempatkan Pos Indonesia sebagai perusahaan logistik yang memiliki jaringan terluas.

Konektivitas ini, menurut Siti, diharapkan dapat mempermudah pelaku usaha dalam melakukan pengiriman produk ke berbagai negara di dunia. Apalagi, saat ini pemerintah Indonesia juga sedang berupaya menggenjot kinerja ekspor untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di dalam negeri. 

“Dengan poin itu, kami berpikir bagaimana kami bisa ikut menaikkan volume ekspor, di mana kami Pos Indonesia konsen menghandle pengirimannya. Apalagi jika size ekspor lebih besar, maka biaya logistik akan jauh lebih murah. Ini juga related dengan efisiensi yang saat ini gencar digaungkan banyak pihak,” tutur Siti.

Pengembangan strategic partnerships ini diantaranya pada layanan kiriman logistik serta pemanfaatan produk berdasarkan koor bisnis yang dikembangkan. Wujud strategic partnerships Pos Indonesia diantaranya dilakukan melalui penandatangan kerja sama Pos Indonesia Kantor Cabang Utama (KCU) Madiun dengan PT Inka Multi Solusi Service (IMSS).

PT Inka Multi Solusi Service merupakan anak usaha dari PT Inka Multi Solusi (IMS) yang merupakan usaha bersama antara PT Inka dan PKBI. Hadir melakukan penandatanganan kepala Pos Indonesia KCU Madiun beserta perwakilan manajemen PT IMSS.

Dijelaskan Siti, ruang lingkup kerja sama yang dilakukan berupa strategic partnerships terkait jasa kiriman logistik serta pemanfaatan produk. Kerja sama ini dalam rangka memberi benefit bagi kedua belah pihak. Melalui kerja sama ini, juga diharapkan akan meningkatkan porsi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), sebagaimana amanat pemerintah. 

“Ini merupakan kolaborasi yang diharapkan akan membawa benefit bagi kedua belah pihak. Kami Pos Indonesia men-support PT IMSS dalam melakukan pengiriman logistik. Begitupun dengan kami, bisa memanfaatkan berbagai produk mereka yang mendukung koor bisnis Pos Indonesia seperti cold storage,” ungkap Ana.

Menurut Siti, dukungan Pos Indonesia kepada PT IMSS salah satunya dalam memperlancar proses pengiriman barang ke luar negeri seperti ke Australia, Filipina, atau pengiriman logistik antar daerah di Indonesia. Termasuk men-support pengiriman logistik untuk kepentingan G20 di Bali.  

Lebih lanjut Siti menjelaskan, kerja sama dengan IMSS merupakan salah model kerja sama yang bisa terus kembangkan Pos Indonesia dengan BUMN dan perusahaan lainnya. Kerja sama tersebut dibangun dalam rangka tumbuh bersama demi kemakmuran rakyat Indonesia.

“Harapan kami, dengan yang dilakukan ini ke depan bisa saling berinovasi, menciptakan inovasi baru, supaya tantangan kedepan bisa dimenangkan bersama,” tegas Siti. (TSA)

PT Pos Indonesia (Persero) saat ini konsen menggarap market logistik di Indonesia dengan salah satu anak usahanya Pos Logistik Indonesia atau Poslog. Layanan logistik Pos Indonesia didukung oleh jaringan yang sudah terbangun di seluruh Indonesia, dengan 4.367 jaringan Pos Indonesia Group dan 33.000 titik penjualan.

Jasa logistik Pos Indonesia melayani pengiriman antar daerah di seluruh Indonesia, ekspor impor, serta jasa logistik lainnya. Saat ini, Pos Indonesia juga memperkuat kemitraan strategis (strategic partnerships) dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) beserta anak usahanya dalam rangka menghadapi tantangan kedepan yang kian kompleks.

Penulis : Vinolla

Leave A Reply

Your email address will not be published.