April 12, 2024

INVENTIF – Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno didampingi Wakil Mentri ATR Raja Juliantono Membuka secara Resmi Festival Event Pacu Jalur Nasional Tahun 2022 di Lapangan limuno Teluk Kuantan.

Hadir dalam pembukaan Event Pacu Jalur Nasional, Menparekaf Sandiaga Salahudin Uno, Wakil Menteri ATR Raja Juliantoni, Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal, Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby, Bupati Inhil HM Wardan dan seluruh Opd Pemda Kuansing

Plt bupati Kuansing Drs H Suhardiman Amby. Ak. MM. Pacu Jalur dulu dilaksanakan sebagai memperingati hari besar islam, dan pada masa penjajahan Belanda, pacu jalur digelar sebagai memperingati hari ulang tahun Ratu Helmina, dan pada saat Indonesia merdeka digelar setiap tahun untuk memperingati Hut Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pacu Jalur ini terkoneksi dengan 43 air terjun, satu bukit piramid dan belasan danau indah. Paju Jalur juga merupakan budaya yang sudah mendarah daging bagi masyarakat kuansing.

Festival Pacu Jalur Taluk Kuantan 2022 kedepannya diharapkan menjadi momentum kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja bagi masyarakat Riau, khususnya di Kabupaten Kuantan Singingi, disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam pembukaan Festival Pacu Jalur Taluk Kuantan 2022 di Lapangan Limuno, Teluk Kuantan.

Festival Pacu Jalur Taluk Kuantan 2022 sendiri dilaksanakan pada 21-25 Agustus 2022 dan diikuti oleh peserta yang mewakili desa-desa yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi. Pembukaan festival ini juga diisi dengan pawai peserta di Sungai Indragiri.

Sandiaga mengatakan lewat event-event berskala daerah seperti festival ini diharapkan dapat membangkitkan ekonomi masyarakat, lalu bisa mempromosikan UMKM daerah yang bisa membuka peluang omzet lebih tinggi.

Sandiaga menuturkan Festival Pacu Jalur Taluk Kuantan 2022 ini pun bisa menjadi media promosi potensi wisata yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi. Sebab, festival ini merupakan salah satu dari 110 event yang terpilih untuk masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara 2022.

“Selain itu kita harapkan di masa mendatang Festival Pacu Jalur ini yang levelnya daerah mungkin kita bisa tingkatkan tahun depan menjadi berskala nasional. Siapa tahu suatu saat ini akan menjadi festival (bertaraf) internasional,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Riau, Syamsuar menambahkan festival ini sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19. Sehingga, ia pun mengajak masyarakat Kuantan Singingi untuk menyukseskan penyelenggaraan Festival Pacu Jalur Taluk Kuantan 2022.

“Diharapkan dengan promosi yang bagus dan terus menerus dapat menarik lebih banyak wisatawan kedepannya untuk berkunjung ke Kabupaten Kuantan Singingi,” tutupnya.

Penulis : Vinolla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *