June 19, 2024

Berkeinginan wafat dalam tugas, Menpan RB Tjahjo Kumolo sebelum meninggal dunia memiliki kebiasaan baru mendengarkan ayat suci Al-Qur'an hingga pagi hari. (Ist)

INVENTIF – Dikenal memiliki dedikasi terhadap tugasnya, almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo memiliki kebiasaan baru mendengarkan lantunan ayat suci Al-qur’an.

Kebiasaan dilakukan mendiang Tjahjo Kumolo tersebut disampaikan istrinya, Erni Guntarti usai proses pemakaman Tjahjo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Kebiasaan baru almarhum Tjahjo mendengarkan lantuan ayat suci Al-Qur’an hingga pagi hari tersebut menurut Erni setidaknya berlangsung selama sebulan terakhir. Erni mengaku tak mengetahui apakah itu merupakan pertanda suaminya akan pergi untuk selamanya.

“Saya belum tahu apa itu firasat-firasat apa. Kita nggak tahu berapa bulan bapak kalau tidur selalu mendengarkan alunan ayat suci, yang biasanya nggak begitu,” ucap Erni.

“Kalau bangun tahajud dan mendengarkan alunan ayat suci sampai pagi. Itu terakhir yang saya ingat,” kenangnya.

Erni menceritakan sosok almarhum Tjahjo sangat berdedikasi dalam melakukan berbagai tugasnya. Bahkan menurut Erni, Tjahjo sempat menyampaikan ingin meninggal dalam tugas.

Dedikasi luar biasa Tjahjo diamini Presiden Joko Widodo yang kehilangan salah satu pembantu terbaiknya di Kabinet Indonesia Maju. Jokowi melalui akun resmi Twitternya menyebut Tjahjo  berpulang di puncak pengabdian.

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut berdukacita yang dalam atas berpulangnya Bapak Tjahjo Kumolo di Jakarta. Alm. adalah seorang tokoh pemuda dan politisi yang berpulang di puncak pengabdiannya sebagai Menteri PANRB,” cuit Jokowi di akun Twitter, @jokowi, Jumat (1/7).

“Semoga segala amal ibadah alm. diterima oleh Allah SWT,” sambung Jokowi yang lebih dahulu mengunjungi Jerman untuk menghadiri KTT G7dan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv sebelum pulang ke Indonesia Jumat sore. Dalam lawatannya ke luar negeri, Jokowi juga menemui Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow dengan membawa misi damai untuk menghentikan perang antara Rusia dan Ukraina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *