June 19, 2024

INVENTIF: Indikator Politik Indonesia (IPI) mengeluarkan hasil survei terbari. Dalam hasil survei tersebut, IPI mengungkapkan Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya masyarakat dalam hal penegakan hukum dan pemberantasan korupsi di Indonesia.

Disampaikan Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi, biasanya tingkat kepercayaan publik pada Kejagung berada paling bawah. Namun, dalam survei terbaru itu, Korps Adhyaksa kini berhasil mengalahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). “Kejaksaan awalnya di antara lembaga penegak hukum paling rendah, sekarang paling tinggi di
antara lembaga penegak hukum. Ini trennya,” kata Burhanuddin Muhtadi dalam keterangan tertulisnya.

Berdasarkan hasil survei, KPK pernah berada di posisi dua sebagai lembaga penegak hukum paling dipercaya publik. Bahkan, dalam survei KPK sempat mengalahkan Presiden Joko Widodo sebagai pihak paling dipercaya publik. Namun, katanya, kini kondisi itu agak menurun.

Dalam survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia, sebanyak 77,2 persen responden sangat percaya dan percaya terhadap Kejagung dalam penegakan hukum. Setelah Kejagung, posisi kedua dalam survei itu ditempati oleh KPK dengan perolehan 72,5 persen responden dan Polri di posisi ketiga dengan 62,9 persen. “Demikian juga dalam pemberantasan korupsi, Kejagung paling dipercaya dengan perolehan 74,2 persen; KPK 72,7 persen; dan Polri 59,6 persen,” tambah Burhanuddin.

Tingginya kepercayaan publik terhadap Kejagung dalam hal penegakan hukum itu cenderung stabil dari empat survei yang telah dilakukan Indikator Politik Indonesia. Pada Agustus 2022, survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan tingkat kepercayaan publik pada Kejagung sebesar 78 persen; pada September 2022 mencapai 75,6 persen; pada November 2022 sebanyak 77,5 persen; dan pada Desember 2022 sebesar 77,2 persen.

Kepercayaan publik atas kinerja Kejagung dalam pemberantasan korupsi itu juga selalu tinggi dibandingkan dengan KPK dan Polri. Pada Agustus 2022, hasil survei menunjukkan tingkat kepercayaan publik atas kinerja Kejagung sebanyak 75,4 persen; pada September 2022 sebesar 73,4 persen; pada November mencapai 73,1 persen; dan pada Desember 2022 sebesar 72,7 persen.

IPI melakukan survei pada 1-6Desember 2022 dengan melibatkan 1.220 warga negara Indonesia (WNI) yang memiliki hak pilih sebagai responden. Survei itu dilakukan dengan
didapatkan dengan metode multistage random samping, dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9 persen serta tingkat kepercayaan 95 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *