June 20, 2024

INVENTIF – Komunitas otomotif mampu membantu memulihkan perekonomian Indonesia yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Melalui kegiatan turing yang dilakukan komunitas otomotif diyakini dapat berkontribusi menggerakan ekonomi daerah serta mempromosikan berbagai destinasi wisata daerah yang dilalui.

“Untuk memulihkan perekonomian nasional butuh gotong royong dari seluruh anak bangsa. Salah satunya melalui kegiatan turing. Pandemi Covid-19 juga mengajarkan kita untuk mendahulukan berwisata di dalam negeri dibanding berwisata ke luar negeri. Dengan berwisata di dalam negeri, kita bisa membantu menggerakan roda ekonomi masyarakat daerah,” ujar Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo usai menerima Morgan Sports Car Club Indonesia di Bali, Jumat (27/5/2022).

Hadir dari Morgan Sports Car Club Indonesia antara lain Ketua Albert M, Wakil Sandy KW, Bendahara Welly Tjandra, serta Ketua IMI Bali Ajik Krisna.

Ketua MPR dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini mengapresiasi kegiatan touring ‘The Bali’s Journey’ yang dilakukan Morgan Sports Car Club Indonesia. Dari mulai industri jasa transportasi, perhotelan, kuliner, hingga UMKM souvenir diyakini merasakan berkah dari kegiatan turing tersebut.

“Dua tahun sudah perekonomian Bali yang bertumpu pada sektor pariwisata terpuruk akibat pandemi Covid-19. Sejak dibuka kembali Bali untuk wisatawan domestik dan asing, perekonomian Bali cenderung membaik. Sebelumnya, ekonomi Bali sempat terpuruk hingga minus 9,25 persen pada tahun 2021. Pada tahun awal tahun 2022 ini perekonomian Bali tumbuh 0,07 persen,” kata pria yang akrab disapa Bamsoet ini.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menambahkan, pertumbuhan perekonomian Bali yang saat ini masih bertumpu pada sektor pariwisata masih membutuhkan perhatian serius. Terlebih akan dilaksanakannya Knferensi Tingkat Tinggi G-20 di Bali.

“Kita harapkan pertumbuhan ekonomi di Bali bisa segera bangkit dan mencapai di atas 6 persen pada tahun ini. Terlebih, pemerintah sejak awal tahun 2022 telah melonggarkan sejumlah persyaratan bagi masyarakat yang ingin bepergian, maupun wisatawan yang ingin berkunjung ke Indonesia. Hingga bulan Maret 2022 wisatawan asing yang datang ke Bali tercatat sebanyak 14.620 kunjungan. Meningkat jauh dibandingkan periode bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 1.310 kunjungan,” pungkas Bamsoet. (NVR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *